Rabu, 01 Oktober 2014

LAPORAN PRAKTIKUM DESAIN BASIS DATA "Pembuatan Dan Manajemen Tabel"



LAPORAN PRAKTIKUM
DESAIN BASIS DATA
“PEMBUATAN & MANAJEMEN TABEL”
 Dasar Teori
Tabel adalah kumpulan informasi secara logis yang terkait dan diperlakukan sebagai unit. Tabel juga merupakan suatu koleksi data komputer yang terorganisir, digambarkan, dan disimpan sebagai baris (row) dan kolom (column). Pada sistem non-relational, sebuah tabel disebut file. tabel bisa dikatakan sebagai suatu entitas yang dibagi menjadi field dan record. Field menentukan struktur dan tipe data tertentu ke masing-masing nilai field di dalam record. Sangat disarankan pada saat akan membuat tabel, sebaiknya membuat sebuah aturan khusus dalam penentuan tabel-tabel yang akan dibuat dan memberikan nama kolom maupun tipe datanya.





  •    Membuat Tabel dengan nama identitasNIM



  • Membuat Tabel dengan nama pegawai

  
  • Menghapus kolom
 
  •  Mengubah nama tabel dan mengubah nama kolom
  •  Mengubah tipe data kolom.
  •  Menghapus tabel pekerjaNIM
  •  Membuat temporary table
  •  Menghapus semua hak akses
  •  Membuat tabel baru dengan nama Gaji dengan catatan pembuatan tabel berasal dari turunan tabel number 1.
  •  Menambahkan kolom.
  
 Perbandingan PostgreSQL dan MySQL: 
  • Pengembangan
Pengembangan MySQL diatur secara sentral oleh perusahaan komersial di Swedia bernama MySQL AB (sebelumnya TcX AB). Perusahaan ini memperoleh pemasukan utamanya dari menjual layanan support dan konsultasi MySQL. PostgreSQL dikembangkan secara lebih terdesentralisasi dan merakyat, namun tetap diatur oleh sebuah kelompok online bernama PostgreSQL Development Group.
MySQL dirilis dalam satuan yang lebih sering (sebulan bisa lebih dari satu kali), sementara PostgreSQL sekitar 4–6 bulan sekali.
  •   Fitur Unik

MySQL memiliki arsitektur yang memungkinkan sebuah database terdiri dari beberapa jenis tabel, misalnya: yang transaksional dan tidak, yang berbasis di memori atau di disk, yang terkompresi dan yang read-only. MySQL mendukung protokol terkompresi yang bisa menghemat bandwidth dan mengurangi latensi.
PostgreSQL memiliki tipe data array, pewarisan tabel dan tipe data, serta sistem rule. PostgreSQL memiliki tipe-tipe data “antik.” Di PostgreSQL Anda dapat menulis stored procedure (atau procedural language, istilah di PostgreSQL) dalam beberapa bahasa: PL/Perl, PL/Tcl, atau PL/PgSQL. PostgreSQL mendukung set/himpunan.

Kesimpulan
Dari semua percobaan yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa merancang dan memanajemen database (basis data) merupakan suatu hal yang sangat penting. Percobaan-percobaan yang telah kita lakukan seperti membuat tabel, memanipulasi tabel yang meliputi menghapus dan menambah kolom, mengubah nama kolom, mengubah nama tabel, mengubah tipe data dari kolom tertentu dan memberikan primary key. Kesulitan utama dalam merancang database adalah bagaimana merancang sehingga database dapat memuaskan keperluan saat ini dan masa mendatang.

Kritik dan Saran

Pada dasarnya aplikasi memiliki  kelebihan dan kekurangan masing-masing. Para pengguna bahkan mempunyai setiap kenyamanan dengan salah satu aplikasi dari database. Dan juga kurang lebihnya jika terdapat kekurangan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Saya sangat mengharapkan kritik, saran, dan masukkan dari para pembaca. Semoga bermanfaat....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar