Senin, 06 Oktober 2014

LAPORAN PRAKTIKUM DESAIN BASIS DATA 1

"ENTITAS RELATIONSHIP DIAGRAM (ERD)"

Pengertian ERD dan Elemen-elemennya

          ERD adalah suatu model jaringan yang menggunakan susunan data yang disimpan dalam sistem secara abstrak. Jadi, jelaslah bahwa ERD ini berbeda dengan DFD yang merupakan suatu model jaringan fungsi yang akan dilaksanakan oleh sistem, sedangkan ERD merupakan model jaringan data yang menekankan pada struktur-struktur dan relationship data.

            Elemen-elemen Diagram hubungan entitas:
a.              Entity (Entitas)
Pada E-R diagram digambarkan dengan bentuk persegi panjang. Entity adalah sesuatu apa saja yang ada di dalam sistem, nyata maupun abstrak di mana data tersimpan atau di mana terdapat data. Entitas diberi nama dengan kata benda dan dapat dikelompokkan dalam empat jenis nama yaitu: orang, benda, lokasi, kejadian (terdapat unsur waktu di dalamnya).
b.             Relationship (Relasi)
Pada E-R diagram digambarkan dengan sebuah bentuk belah ketupat. Relationship adalah hubungan alamiah yang terjadi antara entitas. Pada umumnya penghubung (Relationship) diberi nama dengan kata kerja dasar, sehingga memudahkan untuk melakukan pembacaan relasi (biasa dengan kalimat aktif atau dengan kalimat pasif).
c.              Relationship Degree (Derajat Relasi)
Relationship degree atau derajat relasi adalah jumlah entitas yang berpartisipasi dalam satu relationship.
d.             Atribut Value
Atribute value atau nilai atribut adalah suatu occurance tertentu dari sebuah attribute di dalam suatu entity atau relationship.
Ada 2 jenis atribut :
1)      Identifier (key) digunakan untuk menentukan suatu entity secara unik (primary key).
2)      Descriptor (nonkey attribute) digunakan untuk menspesifikasikan karakteristik dari suatu entity yang tidak unik.
e.              Cardinality (kardinalitas)
Kardinalitas relasi menunjukkan jumlah maksimum tupel yang dapat berelasi dengan entitas pada entitas lain. Terdapat 3 macam kardinalitas relasi yaitu:
1)      One to One
Tingkat hubungan satu ke satu, dinyatakan dengan satu kejadian pada entitas pertama, hanya mempunyai entitas pertama, hanya mempunyai satu hubungan dengan satu kejadian pada entitas yang kedua dan sebaliknya.
Yang berarti setiap tupel pada entitas A berhubungan dengan paling banyak satu tupel pada entitas B, dan begitu pula sebaliknya.
2)      One to Many atau Many To One
Tingkat hubungan satu ke banyak adalah sama dengan banyak ke satu. Tergantung dari mana hubungan tersebut dilihat. Untuk satu kejadian pada entitas pertama dapat mempunyai banyak hubungan dengan kejadian pada entitas yang kedua, dan sebaliknya.
a)      One to Many (Satu ke Banyak)
Yang berarti satu tupel pada entitas A dapat berhubungan dengan banyak tupel pada entitas B, tetapi tidak sebaliknya.
b)      Many to One (Banyak ke Satu)
Yang berarti setiap tupel pada entitas A dapat berhubungan dengan paling banyak satu tupel pada entitas B, tetapi tidak sebaliknya.
    Many to Many

Tingkat hubungan kebanyakan terjadi jika tiap kejadian pada setiap entitas akan mempunyai banyak hubungan dengan kejadian entitas pada entitas lainnya. Baik dilihat dari sisi entitas yang pertama, maupun dilihat dari sisi yang kedua. Yang berarti setiap tupel pada entitas A dapat berhubungan dengan banyak tupel pada entitas B, dan demikian sebaliknya.
  
Contoh ERD :


Keterangan :
  • Nomor Account dan sisa uang merupakan suatu atribut yang mendeskripsikan entitas account.
  • Nasabah sebagai entitas dideskripsikan oleh atribut nama dan alamat.
  • Account dan nasabah sebagai entitas memiliki relasi yang dihubungkan oleh cust_acc yang memiliki atribut tanggal transaksi suatu nasabah terhadap accountnya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar