Rabu, 19 November 2014

LAPORAN PRAKTIKUM DESAIN BASIS DATA "SUB QUERY & INDEX"

Dasar Teori

1. Sub Query 
Suatu subquery adalah suatu pernyataan SELECT yang dilekatkan didalam suatu klausa pada pernyataan SELECT lain.. Subquery-subquery bisa sangat bermanfaat ketika Anda memerlukan untuk memilih baris-baris dari suatu table dengan suatu kondisi yang tergantung pada data didalam tabel itu sendiri.


Dapat menempatkan subquery didalam sejumlah klausa-klausa SQL, termasuk berikut :
  • Klausa WHERE
  • Klausa HAVING
  • Klausa FROM
Didalam Syntax : Operator termasuk suatu kondisi pembanding seperti >, =, atau IN

Catatan :
 Kondisi-kondisi pembanding dibagi dalam dua kelas : singlerow operator (>,=,>=,<,<>,<=) dan multiplerow operator (IN, ANY, ALL). Subquery lebih dikenal sebagai suatu SELECT bersarang (nested), subSELECT, atau pernyataan inner SELECT. Secara umum subquery dieksekusi pertama kali, dan hasilnya digunakan untuk melengkapi kondisi query pada query utama (atau outer).
 
Sumber : http://linlindaantebellum.wordpress.com/matkul-smstr-3/sql/resume6/

2. Index
Definisi Index merupakan sebuah tabel spesial yang dapat digunakan untuk mempercepat pengambilan data. Isi dari tabel di index adalah pointer menuju data di tabel.

Sintaks Indeks Satu tabel CREATE INDEX nama_indeks ON nama_tabel; Indeks Satu kolom CREATE INDEX nama_indeks ON nama_tabel (name_kolom); Indeks Unik CREATE UNIQUE INDEX nama_index on nama_tabel (nama_kolom); CREATE INDEX indeks_pengguna ON PENGGUNA; CREATE INDEX indeks_pengguna ON PENGGUNA (GAJI); CREATE UNIQUE INDEX indeks_name on PENGGUNA (NAMA);

Indeks Komposit Indeks yang terkait dengan dua kolom atau lebih CREATE INDEX nama_indeks on nama_tabel (kolom1, kolom2); CREATE INDEX indeks_dua on PENGGUNA (GAJI, UMUR);

Sumber : http://www.slideshare.net/KuliahKita/pemrograman-sql-index

Tugas 

1. Tampilkan  nama  fakultas  dan  jumlah  mahasiswa  yang  mampunyai  ketentuan nama fakultas yang dimunculkan dengan jumlah mahasiswanya terkecil 




2. Tampilkan  nama  mahasiswa,  nama  fakultas,  alamat  dengan  syarat  nama  fakultas sama dengan edi dan alamatnya tidak sama dengan luki.



3. Buatlah index di tabel mahasiswa(alamat). Kemudian buat lagi index yang bersifat unik pada  tabel  fakultas(fak_nama)  kemudian  amati  perbedaannya  ketika memasukkan data yang sama.



   
  •  
    4. Buat  kolom nama di mahasiswa menjadi unik dan inputkan 2 data yang sama. Kemudian amati perbedaannya.

  • 5.
    Pindahkan  data  dari  tabel  mahasiswa,  fakultas  ambil  kolom  nim,  nama mahasiswa, alamat, nama fakultas ke tabel baru yang dinamai „tabel identitas‟.
 
  

6. Buatlah  contoh  penggunaan  check  pada  sub  bab  pembahasan  CHECK.  Kemudian
masukkan beberapa data baik yang sesuai dengan criteria check maupun yang bukan dan
amati perbedaannya.
7.  Inputkan data di  tabel  mahasiswa dimana pada kolom nama sebelum inputkan karakter dahulukan  dengan  spasi  dan  di  akhiri  dengan  tanda  “+”   seperti  berikut : 
“    andi cahyono++++”. kemudian munculkan seluruh data dan hilangkan spasi didepan.





8. Munculkan data mahasiswa dengan hilangkan karakter “+” di akhir data dan karakter “a”
di awal kata pada kolom nama.


Kesimpulan

Dari praktik yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara PostgreSQL dengan MySQL terletak pada penulisan query dan penulisan trim.

Penggunaan suatu subquery sama dengan penggunaan dua query berturu-tturut dan menggunakan hasil dari query pertama sebagai nilai pencari dalam query yang kedua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar