Rabu, 08 Oktober 2014

LAPORAN PRAKTIKUM DESAIN BASIS DATA "PERINTAH DASAR SQL"



Dasar Teori
            SQL (Structured Query Language) merupakan standar yang dipakai untuk mengakses database modern. Tak mengherankan jika nama tersebut juga tersemat pada nama MySQL. Dalam kenyataannya, kita bisa mengakses data dalam database serta melakukan berbagai operasi lain, seperti membuat tabel, mengganti tabel, dan menghapus tabel menggunakan SQL. Aplikasi phpMyAdmin yang kita pakai pun sebenarnya menggunakan SQL.
          
         Perintah atau pernyataan SQL dapat dikelompokkan menjadi tiga:
a.       DDL
b.      DML, dan
c.       DCL.
·           DDL (Data Definition Language) berhubungan dengan perintah untuk mendefinisikan data. Termasuk dalam kelompok ini adalah perintah untuk membuat database, menghapus database, menciptakan tabel, menghapus tabel, dan mengubah tabel.
·           DML (Data Manipulation Language) berhubungan dengan perintah untuk memanipulasi data. Termasuk dalam kelompok ini adalah pernyataan-pernyataan mengambil data, menambahkan data, mengubah data, dan menghapus data.
·           DCL (Data Control Language) berhubungan dengan perintah yang digunakan untuk mengontrol data. Termasuk dalam kelompok ini adalah pernyataan untuk mengatur hak akses terhadap data dan mencabut hak akses.
Berikut ini adalah praktikum yang mengenai perintah dasar SQL:
1. Membuat tabel mahasiswa dan menambahkan kolom yang diperlukan pada data mahasiswa
      

        2. Menampilkan data mahasiswa berupa nim dan nama
       3. Menampilkan data mahasiswa berdasarkan nim salah satu mahasiswa.
      4. Menampilkan data mahasiswa dan fakultas, ambil berdasarkan nim, nama mahasiswa, dan nama fakultas.
       5. Menghapus data mahasiswa yang memiliki nim 13.
6. Mengubah data berupa alamat : solo dan no. telp 0857688788 yang memiliki nim 12.
7. Menampilkan data mahasiswa dan urutkan dari besar ke kecil berdasarkan nim mahasiswa. Kemudian tampilkan data fakultas urutkan secara ascending berdasarkan kolom ke-2.

8. Menampilkan seluruh data mahasiswa beserta seluruh data fakultasnya.
9. Menampilkan seluruh mahasiswa yang berada di fakultas SAINTEK.
10. Menampilkan seluruh mahasiswa yang tidak berada di fakultas PSIKOLOGI.
11. Menghapus data fakultas SAINTEK.

Kesimpulan
       Dari semua percobaan yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa perintah dasar adalah sebuah pernyataan yang dikerjakan oleh MySQL. Sebuah pernyataan diakhiri dengan tanda titik koma (;). Dalam praktik tanda titik-koma pada phpMyAdmin tidak diperlukan. Namun, untuk menjaga standarisasi terhadap database lain, biasakan untuk mengakhiri pernyataan dengan titik koma. Perintah dasar SQL bisa ditulis dengan huruf kapital atau huruf kecil.

Perbedaan MySQL dan PostgreSQL :
  1. MySQL
          Kelebihan:
  • Memiliki lebih banyak type data seperti : signed/unsigned integer yang memiliki panjang data sebesar 1,2,3,4 dan 8 byte, FLOAT, DOUBLE, CHAR, VARCHAR, TEXT, BLOB, DATE, TIME, DATETIME, TIMESTAMP, YEAR, SET dan tipe ENUM.
  • Kita dapat menggabungkan beberapa table dari database yang berbeda dalam query yang sama.
  • Privilege (hak) dan password sangat fleksibel dan aman serta mengujinkan ‘Host-Based’ Verifikasi.
 Kekurangan: 
  • Untuk koneksi ke bahasa pemrograman visual seperti visual basic, delphi, dan foxpro, mysql kurang support, karena koneksi ini menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari program visual tersebut, dan ini yang menyebabkan mysql jarang dipakai dalam program visual.
  • Data yang ditangani belum begitu besar. 
 2. PostgreSQL 
     Kelebihan:
  • PostgreSQL memiliki fitur OO seperti pewarisan tabel dan tipe data, atau tipe data array yang kadang praktis untuk menyimpan banyak item data di dalam satu record.Dengan adanya kemampuan OO ini maka di PostgreSQL, kita dapat mendefinisikan sebuah tabel yang mewarisi definisi tabel lain.
  • PostgreSQL juga memiliki apa yang disebut rule, yaitu tindakan custom yang bisa kita definisikan dieksekusi saat sebuah tabel di-INSERT, UPDATE, atau DELETE.
  • PostgreSQL memberikan kita kemampuan mendefinisikan sebuah field sebagai array.
      Kekurangan:
  • PostgreSQL sendiri terbatas hanya bisa melakukan penambahan kolom, penggantian nama kolom, dan penggantian nama table.
  • Kurang unggul dalam hal ketersediaan fungsi built-in.
Kritik & Saran
        Pada dasarnya aplikasi memiliki  kelebihan dan kekurangan masing-masing. Para pengguna bahkan mempunyai setiap kenyamanan dengan salah satu aplikasi dari database. Dan juga kurang lebihnya jika terdapat kekurangan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Saya sangat mengharapkan kritik, saran, dan masukkan dari para pembaca. Semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar