Rabu, 15 Oktober 2014

LAPORAN PRAKTIKUM DESAIN BASIS DATA "PENGENALAN OPERATOR DASAR"



Dasar Teori
SQL (Structure Query Language) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya. Kali ini pada praktikum ke-4 yang mengenai “Pengenalan Operator Dasar” saya akan menjelaskan tentang jenis-jenis pengenalan operator dasar yang dimiliki di SQL sendiri. Di antaranya : AS, AND & OR, BETWEEN, IN & NOT IN, LIKE, REGEXP, DISTINCT, LIMIT, UNION, EXCEPT & INTERSECT.

Berikut adalah hasil dari praktikum yang telah saya lakukan berdasarkan teori yang ada di atas : 

1.      Berdasarkan tabel sebelumnya yaitu bab 3, tampilkan data mahasiswa dengan nama dari kolomnya berubah menjadi nomor_identitas, nama, alamat,nama_fakultas tanpa harus merubah nama kolom secara permanen.
 


2.  Tampilkan nama mahasiswa fakultas saintek yang berjenis kelamin laki-laki. Kemudian nama mahasiswa fakultas saintek atau berjenis kelamin laki-laki.


3.  Suatu tabel mahasiswa terdapat 7 baris data mahasiswa. Tampilkan data mahasiswa dari nomor 14 sampai dengan 16, kemudian tampilkan juga data mahasiswa yang bukan dari nomor 14 sampai dengan 16 menggunakan between dan tanpa menggunakan between.


4. Tampilkan mahasiswa dengan nomor 13, 14, dan 17 menggunakan operator IN.
 
5. Tampilkan semua data mahasiswa yang namanya mempunyai awalan huruf “a”.

6.   Tampilkan semua data mahasiswa yang namanya mempunyai akhiran huruf”a” dan huruf ke 3 dari nama tersebut terdapat huruf n.

7.   Tampilkan nomor fakultas di tabel mahasiswa dengan nomor harus tidak ada yang sama dari baris pertama sampai akhir.

8.  Tampilkan data mahasiswa 3 baris saja.

9.    Tampilkan data mahasiswa dengan ciri-ciri memiliki nama awalan “a” kemudian kata selanjutnya boleh “r” atau boleh “t” atau boleh “d”. Misalkan yang memenuhi kriteria ciri tersebut seperti adi, atik, arif, adam dll.

10.      Buatlah tabel dengan nama organ_dalam dan organ_luar sebagai berikut: 
         a.     Tabel organ_dalam
         b.   Tabel organ_luar

Tampilkan data dari kedua tabel tersebut menggunakan UNION, EXCEPT, dan INTERSECT.

Kesimpulan
           Berdasarkan praktikum yang telah saya lakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa operator SQL sangat penting dan diperlukan seperti halnya dapat menyimpan sejumlah database. Dapat diakses juga oleh program client (MySQL Command Line Client, aplikasi Java, dll). 

Evaluasi DBMS MySQL dan PostgreSQL
MySQL memiliki arsitektur yang memungkinkan sebuah database terdiri dari beberapa jenis tabel, misalnya: yang transaksional dan tidak, yang berbasis di memori atau di disk, yang terkompresi dan yang read-only. MySQL mendukung protokol terkompresi yang bisa menghemat bandwidth dan mengurangi latensi.

PostgreSQL memiliki tipe data array, pewarisan tabel dan tipe data, serta sistem rule. PostgreSQL memiliki tipe-tipe data “antik.” Di PostgreSQL Anda dapat menulis stored procedure (atau procedural language, istilah di PostgreSQL) dalam beberapa bahasa: PL/Perl, PL/Tcl, atau PL/PgSQL. PostgreSQL mendukung set/himpunan.

 Kritik & Saran
        Pada dasarnya aplikasi memiliki  kelebihan dan kekurangan masing-masing. Para pengguna bahkan mempunyai setiap kenyamanan dengan salah satu aplikasi dari database. Dan juga kurang lebihnya jika terdapat kekurangan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Saya sangat mengharapkan kritik, saran, dan masukkan dari para pembaca. Semoga bermanfaat....

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar